Selasa, 15 September 2020

Kuliah Umum Hari Kedua Selasa, 15 September 2020 Sesi 2 Bersama Butet Manurung

 


MOTIVASI PENDIDIK : BELAJAR DALAM MENGAJAR


Literasi bukan hanya melek huruf tetapi juga melek masalah. Selama ini pembelajaran di Sekolah Rimba sudah kontekstual tetapi kenapa tidak menjawab permasalahan. Oleh karena itu, permasalahan dijadikan kurikulum dengan metode Hadap Masalah. Sekolah Rimba lebih kepada bagaimana menghadapi "setan-setan bermata runcing" alias pensil dengan tidak mengesampingkan pembelajaran budaya mereka untuk bertahan hidup. 

Sekolah formal tidak mengakomodir cara belajar lokal dan sifat alamiah yang dinamis di alam bebas. Sekolah formal tidak (ajar) mengatasi persoalan kehidupan dan perubahan sekitar murid (setan bermata runcing). Sekolah formal juga tidak mengakomodasi nilai dan kebenaran versi lokal. 

Setiap program literasi harus lolos tahap yang dilakukan dalam prinsip-prinsip antropologi. Baca-tulis mau tidak mau harus dikuasai oleh komunitas saat mereka sudah "terganggu" oleh dunia luar agar bisa berkomunikasi dan memahami aturan main dunia luar. Literasi dasar juga menjadi sarana dasar bagi pendidik untuk mempelajari bahasa lokal. 

Pendidikan harus kontekstual berdampak artinya ada kontribusi dalam kehidupan sehari-hari. Orang Rimba bertanya 'Sungai di Jakarta kok kotor? Bukannya orang di Jakarta sekolah semua? Sekolah harus bermanfaat untuk kehidupan untuk saat ini bukan di masa depan. Karena jika kita memelihara hari ini, maka kita memelihara masa depan ujar orang Rimba.

Banyak sekali wawasan baru yang saya dapatkan ketika mengikuti kuliah umum pembaTIK level 4 sesi kedua pada Selasa, 15 September 2020. Bagaimana menjadi guru di tempat dengan banyak keterbatasan? Bagaimana beradaptasi dengan lingkungan sekitar? Bagaimana membangun kepercayaan antara pendidik dan peserta didik? Luar biasa sekali kuliah umum yang difasilitasi oleh Pusdatin Kemdikbud RI. Selalu menghadirkan orang-orang hebat dan memiliki pengalaman yang luar biasa untuk dibagikan. 


Semangat Berbagi 💖

Merdeka Belajarnya

Rumah Belajar Portalnya

Maju Indonesia


Berikut adalah link youtube Rumah Belajar Kemdikbud yang berisi tayangan materi kuliah umum pembaTIK Level 4 Tahun 2020 bersama Butet Manurung : https://www.youtube.com/watch?v=4nXKPL_YwW4.

Berikut adalah link instagram (@utami1501) terkait Quote Butet Manurung yang dikutip dari instagram (@ismiefr) : https://www.instagram.com/p/CFWI2LxneU7pMQ3zG0GcUNdcOFfi_lTntpJK5Y0/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar