Senin, 14 September 2020

Kuliah Umum Hari Pertama Senin, 14 September 2020 Bersama Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim

 


PESERTA PEMBATIK MERUPAKAN CIKAL BAKAL GURU PENGGERAK


Pembukaan kegiatan pembaTIK level 4 tahun 2020 diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan, yaitu lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan memanjatkan doa bersama sekaligus apresiasi Tribute to Alm. Bapak Hendriawan Widiatmoko kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh Plt. Kapusdatin Bapak M. Hasan Habibie, S.T, M.Si. dan ditutup dengan sekapur sirih dari Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.

Beruntungnya saya menjadi salah seorang guru yang bisa berada dalam satu room bersama Mas Menteri walaupun hanya tatap maya. Beliau sangat mengapresiasi Bapak/Ibu guru di seluruh Indonesia yang berhasil lolos sampai ke level 4 PembaTIK Tahun 2020. Jumlah peserta pembaTIK level 1 yang menembus angka 70ribuan membuat kagum Mas Menteri. Angka ini (partisipasi PembaTIK 2020) merupakan pencapaian yang luar biasa, terlebih hal ini juga menjadi penanda semakin banyak guru yang ingin meningkatkan kemampuannya untuk mengimplementasikan teknologi ke dalam proses belajar mengajar, kata Mas Menteri. 

Mas Menteri juga sangat mengapresiasi Bapak/Ibu guru Duta Rumah Belajar yang tanpa pamrih telah menjadi contoh di daerah masing-masing dalam melakukan inovasi pembelajaran. Kami segenap di jajaran Kemendikbud akan mendukung inisiatif dari Bapak/Ibu semua, ujar Nadiem Anwar Makarim. Beliau juga mengatakan bahawa Bapak/Ibu guru merupakan cikal bakal dari guru-guru penggerak, guru-guru dengan inisiatif dan semangat tinggi untuk terus terpacu dengan tuntutan zaman. Tantangan di masa depan bukan berarti lebih mudah. Saya, berharap semangat gotong royong di masa pandemi ini bisa kita teruskan, agar kita lebih siap beradaptasi, siap melakukan perubahan, tidak lagi menunggu perubahan itu terjadi-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Seperti yang telah kita ketahui masa pandemi Covid-19 telah memaksa kita semua untuk memberikan usaha yang ekstra keras dan ekstra cerdas sehingga pembelajaran dapat terus beralngasung. Kompetensi guru dalam penguasaan teknologi menjadi krusial kata Mas Menteri. Kegiatan pembaTIK level 4 tahun 2020 yang merupakan level berbagi mengajak semua peserta untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Semangat gotong royong, semangat kekeluargaan dijadikan landasan untuk menjalankan tugas mulia yaitu berbagi. Semoga menjadi berkah bagi Bangsa Indonesia. 

Semangat Berbagi 💖

Berikut ini adalah link youtube Rumah Belajar Kemdikbud terkait Kuliah Umum hari pertama yang diisi oleh Plt. Kapusditin dan juga Mendikbud RI : https://www.youtube.com/watch?v=ZIfDCx_mr94&t=1s

Berikut ini adalah link instagram (@utami1501) untuk quote Mas Menteri pada Kuliah umum hari pertama pembaTIK level 4 tahun 2020 :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar