Rabu, 21 Oktober 2020

KILAS BALIK PERJALANAN PEMBATIK DARI LEVEL 1 SAMPAI LEVEL 4 TAHUN 2020 (Part 2)

 


Halo Sahabat Rumah Belajar

Bertemu kembali dengan saya Putu Sri Utami Dewi

Sahabat Rumah Belajar Provinsi Bali Tahun 2020


Pada artikel kali ini, saya akan fokuskan kepada kegiatan yang saya lakukan selama mengikuti pembaTIK level 4 tahun 2020. Saya benar-benar sangat beruntung sekali diberikan kesempatan untuk bisa bergabung dalam kegiatan ini. Banyak informasi baru, keterampilan baru, teman baru, keluarga baru, dan banyak sekali manfaat yang saya peroleh dari awal kegiatan pembaTIK level 4. 

Kegiatan pembaTIK level 4 dimulai dengan kegiatan kuliah umum yang dibuka oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim serta didukung oleh narasumber yang luar biasa dan penuh inspiratif. Kuliah umum yang dilakukan walau secara tatap maya, tetapi dapat membuka wawasan saya tentang pendidikan, pengajaran, TIK, media sosial, media conference, public speaking, cara menulis yang baik dan menarik. Kuliah umum berlangsung dari tanggal 14-18 September 2020. 

Kegiatan selanjutannya pada pembaTIK level 4 tahun 2020 adalah coaching yang berlangsung dari tanggal 28-30 September 2020. Pusdatin selalu memberikan layanan terbaiknya demi kemajuan pendidikan Indonesia. Saya benar-benar beruntung mendapatkan ilmu baru, pengalaman baru, kenalan baru, dan masih banyak manfaat lainnya. Coach yang bertugas di provinsi Bali adalah Bapak Sumarno, Mas Hafiz Maulana, Mas Ari Nugraha, dan tentunya Duta Rumah Belajar Nasional Provinsi Bali Tahun 2017, 2018, 2019 serta DRB versi Jejak Bali.

Perjalanan mulia menunaikan amanat dari esensi kegiatan pembaTIK level 4 tahun 2020, yaitu berbagi pun dimulai. Namun, sebelum terjun ke lapangan untuk berbagi, saya melakukan audiensi terlebih dahulu kepada Bapak kepala SMP Negeri 3 Denpasar (I Wayan Murdana, S.Pd., M.Psi). Memohon ijin Beliau sekaligus memohon bimbingan, motivasi, dan juga dukungan. Selanjutnya masih di hari yang sama, yaitu Kamis, 1 Oktober 2020 saya melajutkan audiensi kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar (Drs. I Wayan Gunawan) dan juga kepada Bapak Kabid PSMP Dinas Dikpora Kota Denpasar (Drs. A. A. Gede Wiratama, M.Ag.). 



Kamis, 1 Oktober 2020
Audiensi di Ruangan Kepala SMP Negeri 3 Denpasar


Kamis, 1 Oktober 2020
Audiensi di Kantor Dinas Dikpora Kota Denpasar

Jumat, 2 Oktober 2020 kegiatan dilanjutkan dengan beraudiensi kepada Bapak Walikota Denpasar (I. B. Rai Dharmawijaya Mantra, S.E., M.Si.) memohon bimbingan, motivasi, dukungan, dan juga doa restu demi kelancaran kegiatan berbagi di wilayah Kota Denpasar. Audiensi juga dilakukan kepada pemangku jabatan di lingkungan Dinas Dikpora Provinsi Bali yang saat itu diwakili oleh Bapak Kepala UPTD BPTekdik (Drs. I Nyoman Ratmaja, M.Pd.) bersama DRB Bali dan juga perwakilan SRB Bali 2020.

 
Jumat, 2 Oktober 2020
Audiensi di kediaman Walikota Denpasar


Kamis, 8 Oktober 2020
Audiensi di Kantor Dinas Dikpora Provinsi Bali


Sahabat rumah belajar, selain mengadakan audiensi masih ada tiga kegiatan utama yang saya lakukan saat menjalani kegiatan pembaTIK level 4 tahun 2020, yaitu Talkshow, Road Show, dan Webinar

Kegiatan talkshow dilaksanakan pada Senin, 12 Oktober 2020 yang difasilitasi oleh Radio Publik Kota Denpasar (RPKD) 92,6 FM. Talkshow dilaksanakan dengan tujuan untuk menggaungkan portal rumah belajar di Kota Denpasar. Jadi tidak hanya pendidik dan peserta didik saja yang tahu tentang rumah belajar. Warga kota yang notabene sebagai orang tua siswa pun juga bisa mengetahui eksistensi portal rumah belajar.

Senin, 12 Oktober 2020 
Talkshow bersama DRB N Bali 2017 di Radio Publik Kota Denpasar


Kegiatan roadshow dilakukan sesuai dengan undangan. Terlebih dahulu kami menyasar kepala sekolah dasar (SD) yang tergabung dalam K3S serta menyasar kepala sekolah menengah pertama (SMP) yang tergabung dalam MKKS. Apabila sudah menyasar pimpinan maka akan lebih mudah untuk menyasar sekolah-sekolah. Undangan sosialisasi tatap muka dimulai dari SD Negeri 18 Pemecutan, SD Negeri 29 Dangin Puri, SMP PGRI 6 Denpasar, dan SMP Pelangi Dharma Nusantara. 

Rabu, 14 Oktober 2020
Berbagi di SD Negeri 18 Pemecutan Denpasar


Kamis, 15 Oktober 2020
Berbagi di SMP PGRI 6 Denpasar


Jumat, 16 Oktober 2020
Berbagi di SMP Pelangi Dharma Nusantara Denpasar

Sabtu, 17 Oktober 2020
Berbagi di SD Negeri 29 Dangin Puri Denpasar

Webinar dilakukan ketika terbatas jarak, waktu, dan jumlah peserta yang banyak sehingga tidak memungkinkan untuk berada dalam satu ruangan. Webinar dimulai dari MKKS SMP dengan peserta sebanyak 62 Orang, dilanjutkan webinar yang difasilitasi oleh IGI Bali TV dengan peserta sebanyak 148 orang, Webinar lintas kabupaten sesi 1 dengan jumlah peserta 52 orang, dan webinar lintas kabupaten sesi 2 dengan peserta sebanyak 71 orang. Kegiatan webinar di "rumah sendiri" yaitu di SMP Negeri 3 Denpasar dengan peserta sebanyak 48 orang. 


Rabu, 7 Oktober 2020
Webinar bersama Kepala SMP/MTs. se-Kota Denpasar


Rabu, 7 Oktober 2020
Webinar dengan difasilitasi IGI Bali TV


Jumat, 9 Oktober 2020
Webinar Lintas Kabupaten Sesi 1


Kamis, 10 Oktober 2020
Webinar Lintas Kabupaten Sesi 2


Selasa, 20 Oktober 2020
Webinar bersama guru dan pegawai di SMP Negeri 3 Denpasar

Belum selesai sahabat, masih ada satu kegiatan lagi yang tidak kalah menariknya, yaitu kegiatan belajar dari rumah dengan memanfaatkan fitur-fitur rumah belajar. Pandemi covid 19 memaksa kita semua untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah. Kegiatan belajar dari rumah untuk wilayah kota Denpasar dilaksanakan sejak Maret 2020 sampai saat ini Oktober 2020. Peserta didik mulai bosan mengikuti pembelajaran dari rumah. Saya sebagai pendidik awalnya menggunakan WAG, Lentera Denpasar, Google Classroom. Tatap maya tetap dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh sekolah. Namun kelas maya yang belum difasilitasi. Oleh karena itu, saya mencoba mengajak peserta didik untuk memanfaatkan fasilitas kelas maya. Dengan harapan dalam satu halaman semua kegiatan tersedia dengan lengkap. Di kelas maya yang saya rancang disisipkan link meeting sesuai jadwal IPA di kelas tersebut. Kebetulan sekolah sudah memfasilitasi meeting room berbayar sehingga mempermudah pendidik dalam tatap maya tanpa terbatas waktu dan jumlah peserta didik yang bergabung. Saya juga integrasikan link sumber belajar di menu modul dan juga mengintegrasikan link bank soal di menu kuis.

Pemanfaatan Fitur Kelas Maya


Kelas Maya ft Tatap Maya Bersama Peserta Didik SMP Negeri 3 Denpasar


     
Pemanfaatan Fitur Bank Soal


Testimoni siswa dalam pemanfaatan Fitur Rumah Belajar


Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia khususnya PUSDATIN yang sudah menyediakan wadah bagi guru-guru untuk mengembangkan kemampuan TIK. 

Terima kasih juga saya ucapkan kepada :

  1. Para coach yang bertugas di PembaTIK Level 4 Bali tahun 2020. Bapak Sumarno, Mas Ari Nugraha, Mas Hafiz Maulana.
  2. Pemangku jabatan di wilayah provinsi Bali yang sudah memberikan saya kesempatan. 
  3. Bapak Walikota tercinta atas dukungan, motivasi, bimbingan, dan doa restu.
  4. Bapak Kepala Dinas Dikpora Denpasar, Bapak Kabid PSMP, Ibu Kasi Kurikulum PSMP.
  5. Bapak Kepala SMP Negeri 3 Denpasar beserta staf pimpinan.
  6. Duta Rumah Belajar Nasional Provinsi Bali Tahun 2017, 2018, 2019 dan DRB versi Jejak Bali.
  7. Rekan-rekan SRB Bali 2020 atas segalanya. Beruntung bisa menjadi bagian dari kalian.
  8. Guru-guru dan pegawai SMP Negeri 3 Denpasar, SMP PGRI 6 Denpasar, SMP Pelangi Dharma Nusantara, SD Negeri 18 Pemecutan, SD Negeri 29 Dangin Puri atas waktu yang disediakan.
  9. Tentunya terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga tercinta yang selalu mendukung setiap langkah dalam pengembangan karir.
  10. Peserta didik SMP Negeri 3 Denpasar
  11. Alumni SMP Negeri 3 Denpasar


Menarik bukan kegiatan saya selama berbagi di level 4 ini? Mau yang lebih seru lagi? Yuks saksikan tayangan video berikut ini! VLOG "Kilas Balik Perjalanan Berbagi di Level 4 Tahun 2020" : 

(Link Youtube : https://youtu.be/1iEPDkoEsjY)


Semangat berbagi 💖

Belajar dengan Rumah Belajar

Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja


Merdeka Belajarnya

Rumah Belajar Portalnya 

Maju Indonesia


Berikut adalah link pemberitaan dukungan Walikota Denpasar kepada SRB Bali 2020 Wilayah Kota Denpasar : http://baliinside.id/walikota-denpasar-memberikan-dukungan-kepada-sahabat-rumah-belajar-tahun-2020/.

Berikut adalah link Artikel pemanfaatan portal rumah belajar dalam pembelajaran : https://drive.google.com/file/d/1K9hvKG7ds-A0hCFBIILyQmw1zuPvfVlr/view?usp=sharing.

Berikut adalah link contoh RPP berintegrasi konferensi video : https://drive.google.com/file/d/1DcS1saFXpTidxX3qB0VDWJfIUAkQlv6h/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar